Bisakah Membayar Pajak Tanpa KTP Pemilik? Jawabannya Bisa

Bisakah membayar pajak tanpa KTP pemilik? Pertanyaan ini sangat sering muncul pada orang – orang yang membeli sebuah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil bekas milik orang lain. Pembaca artikel yang kami posting kali ini mungkin termasuk salah satu pembeli kendaraan bekas yang sudah mendekati tanggal untuk membayar pajak.

Anda tidak usah merasa khawatir apabila anda juga mempertanyakan hal yang sama. Jawaban dari pertanyaan anda akan dibantu oleh artikel ini untuk menemukannya. Jadi, tenang saja dan silahkan baca terus postingan kali ini dengan baik – baik untuk mengetahuinya.

Sebab kami juga akan membagikan cara yang bisa anda lakukan untuk membayar pajak motor dengan mudah tanpa perlu menggunakan KTP pemilik kendaraan lama.

Apa Itu Pembayaran Pajak?

Informasi seputar pembayaran pajak akan kami ulas sedikit untuk anda. Silahkan simak sebelum kami memberitahu anda tentang bisakah membayar pajak tanpa KTP pemilik.

Pembayaran pajak adalah sebuah kewajiban yang diwujudkan oleh kenegaraan. Membayar pajak kendaraan harus dilakukan oleh para warga negara sebagai peran serta dalam Wajib Pajak (WP). Sebagai pembanguan nasional dan pembiayaan negara, maka dari itu masyarakat dan semua pemilik kendaraan wajib melakukan perpajakan.

Apabila telat membayar pajak, maka akan dikenakan denda paling sedikit dua kali pajak. Bahkan, akan dipenjara dengan minimal waktu 6 bulan dan maksimal 6 tahun penjara jika sama sekali tidak membayarkan Wajib Pajak.

Bisakah Membayar Pajak Tanpa KTP Pemilik

Pastinya anda sudah sangat tidak sabar lagi untuk mengetahui bisakah membayar pajak tanpa KTP pemilik. Oleh karena itu, kami tidak akan membuat anda semakin menunggu lama dan tambah penasaran. Jawabannya akan langsung kami berikan dibawah ini.

Siapa sangka bahwa tanpa menggunakan KTP pemilik motor yang lama, anda tetap bisa melakukan perpanjangan STNK. Namun, motor bekas yang anda beli tersebut sudah harus anda balikkan nama pemiliknya dengan nama anda sebagai pemilik barunya.

Bingung bagaimana caranya? Tenang saja. Disini kami juga akan membagikan langkah – langkah yang perlu anda lakukan sebelum melakukan balik nama kendaraan.

  1. Pertama – tama, anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP asli dan juga KTP fotocopy pemilik kendaraan yang baru, STNK yang asli, fotocopy STNK, BPKB kendaraan yang asli dan fotocopy terlebih dahulu.
  2. Pastikan bahwa motor yang anda miliki tersebut bukan barang curian. Caranya, tunjukkan bukti kwitansi atau nota pembelian kendaraan tersebut yang telah ditandatangani oleh penjual atau pemilik lama.
  3. Silahkan datang atau kunjungi kantor Samsat sesuai dengan yang tertera di KTP pemiliki kendaraan yang baru setelah semua berkas dan dokumen sudah lengkap.
  4. Kendaraan bekas yang anda beli akan dilakukan pengecekan nomor rangka, nomor mesin untuk penginputan data pada STNK atas nama pemilik baru. Jadi, jangan sampai lupa untuk membawa kendaraan tersebut.
  5. Datangi loket pendaftaran balik nama dengan menyerahkan dokumen yang telah disatukan dengan bukti cek fisik yang telah dilakukan tadi.
  6. STNK baru sudah balik nama menjadi nama anda.
  7. Untuk bisa mengambil STNK tersebut, lakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Bisakah Perpanjang STNK di Kota Lain

Kesimpulan

Rasa penasaran dan pertanyaan anda tentang bisakah membayar pajak tanpa KTP pemilik sudah terjawab setelah membaca artikel ini. Sekian dan semoga apa yang telah kami sampaikan dalam kesempatan kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar