Bisakah Perpanjang STNK Di Kota Lain? Ini Jawabannya

Lokasi domisili kendaraan kita terkadang membuat pengendara merasa sulit ketika sudah waktunya memperpanjang STNK namun tidak berada di kota yang sesuai. Tidak sedikit orang yang bertanya – tanta bisakah perpanjang STNK di kota lain?

Teruntuk anda dan para pengendara lainnya yang juga sedang mencari tahu informasi mengenai hal tersebut, tenang saja. Artikel ini akan sangat membantu anda untuk menemukan jawabannya. Jadi, anda tidak perlu lagi merasa bingung ataupun khawatir.

Langkah yang sangat mudah yang perlu anda lakukan untuk bisa mengetahui jawaban serta informasi lainnya. Silahkan terus mencermati dan baca hingga tuntas artikel ini dengan cermat serta seksama.

Bisakah Perpanjang STNK Di Kota Lain

Bisakah perpanjang STNK di kota lain? Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya anda bisa melakukan perpanjangan STNK dengan sangat mudah. Tersedia dua metode yang bisa anda gunakan yaitu offline dan juga online. Tak perlu merasa heran, memang semua hal saat ini bisa dilakukan dengan mudah semenjak majunya perkembangan digital.

Syarat Perpanjang STNK Di Kota Lain

Ada beberapa syarat yang perlu anda penuhi dalam melakukan perpanjangan STNK. Anda bisa memperhatikan syarat-nya yang akan kami sampaikan sebagai berikut.

  • KTP asli dan KTP Fotocopy pemilik kendaraan.
  • STNK asli dan STNK Fotocopy kendaraan.
  • Fotocopy BPKB
  • Map

Cara Perpanjang STNK Di Kota Lain

Mungkin sebagian orang masih bingung atau bahkan sama sekali belum mengetahui cara untuk memperpanjangnya. Tetapi tenang saja karena kami akan memberitahukan kepada anda setelah ini.

Selain memberikan informasi yang menjawab pertanyaan anda tentang bisakah perpanjang STNK di kota lain. Disini kami juga akan membagikan cara yang perlu anda ikuti untuk memperpanjang STNK dibawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi SIGNAL

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang STNK di kota lain adalah dengan menggunakan aplikasi SIGNAL. Sebuah aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) yang merupakan aplikasi pengganti pada generasi kedua dari aplikasi Salmonas (Samsat Online Nasional). Aplikasi ini telah hadir dan resmi digunakan sejak tahun 2021 lalu.

Cara kerjanya pun tidak susah dan sangat mudah untuk dimengerti sehingga anda tidak akan merasa bingung.

2. Secara Offline atau Datang Langsung

Berikut ini merupakan langkah – langkahnya.

  1. Pertama, silahkan kunjungi Samsat tujuan anda pada saat jam kerja. Mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 6 sore untuk jam kerja di hari Senin hingga Jumat. Mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore untuk hari Sabtu.
  2. Datangi loket pembayaran pajak kendaraan untuk menyerahkan semua berkas dan dokumen penting yang sudah anda siapkan.
  3. Untuk melakukan pembayaran pajak atau memperpanjang STNK, silahkan minta formulir.
  4. Pastikan bahwa anda mengisi formulir tersebut dengan data yang benar dan sesuai dengan STNK kendaraan anda.
  5. Setelah selesai mengisinya, kembalikan formulir tersebut kepada petugas.
  6. Petugas akan memberikan anda sebuah nomor antrian.
  7. Tunggu beberapa saat hingga giliran anda.
  8. Jumlah nominal pajak yang perlu anda bayarkan akan disebutkan oleh petugas.
  9. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang telah disebutkan tadi di loket pembayaran.-
  10. STNK berhasil diperpanjang dan sudah bisa diambil setelah anda selesai membayar

Kesimpulan

Sekian informasi serta ulasan yang dapat ruminah sampaikan kepada anda Semoga artikel ini mampu menjawab rasa penasaran dan pertanyaan anda mengenai bisakah perpanjang STNK di kota lain.

Tinggalkan komentar