Cara Membuat Konten Yang Menarik di Instagra

Ruminah.com – Informasi yang akan saya bagikan ini sangat cocok untuk kamu yang saat ini ingin memulai sebuah usaha atau bisnis melalui sosial media Instagram. Karena saya akan membagikan informasi tentang cara membuat konten yang menarik di Instagram untuk menunjang bisnis online yang saat ini sedang kamu bangun melalui Instagram.

Cukup banyak pengguna baru di Instagram yang penasaran dengan cara membuat konten menarik di feed IG agar mengundang banyak tayangan dan likes.

Untuk menjawab kerisauan tersebut,  di website ini saya akan berbagi sebuah tips agar postingan di IG akan terlihat lebih menarik dan enak dilihat.

Tujuan dari membuat konten yang menarik adalah menarik minat para pengguna Instagram.

Karena tidak diragukan lagi bahwa Instagram adalah salah satu sosial media terbesar di dunia, termasuk di Indonesia.

Di Instagram kamu bisa melakukan promosi bisnismu agar semakin dikenal oleh banyak orang. Instagram juga mampu menjangkau orang di seluruh dunia, jika konten yang kamu buat tersebut menarik.

Tak perlu buang-buang waktu, langsung saja kamu memahami jenis konten apa saja yang menarik di instagram berikut ini.

Jenis Konten Yang Menarik Di Instagram

Sebelum saya membagikan tips tentang cara membuat konten yang menarik di IG, saya akan terlebih dahulu menyampaikan informasi penting terkait jenis konten di Instagram yang bisa kamu gunakan agar dapat menarik perhatian banyak orang.

Kami juga harus mengasah kreativitas dalam mengunggah dan memilih jenis konten untuk mempromosikan produk atau bisnismu.

Keuntungan dari membuat konten yang meningkatkan traffic, bahkan bisa memperoleh pekerjaan freelance online untuk membuat konten instagram bagi bisnis mereka.

Dari situlah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari konten-konten yang sudah kamu buat.

Berikut ini merupakan jenis konten yang bisa kamu pilih sebelum memposting konten di IG.

1. Konten Dalam Bentuk Foto

Biasanya, orang – orang yang membuka bisnis di Instagram kebanyakan menggunakan jenis media pemasaran berupa postingan foto. Aplikasi Instagram memang menjadi media sosial yang lebih fokus ke sebuah gambar. Jadi kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jenis konten berupa foto karena kemungkinan untuk produk kamu dilihat oleh banyak orang lebih besar.

2. Konten Dalam Bentuk Video

Perlu kamu ketahui bahwa calon customer tentu ingin mengetahui detail dari produk yang akan mereka beli. Oleh karena itu, jenis konten yang efektif untuk menanggapi hal tersebut adalah menggunakan jenis konten video.

Akan lebih bagus jika kamu mengunggah sebuah video produk sesuai dengan real picture atau gambar asli produk milikmu.

Karena calon pembeli pastinya membutuhkan keyakinan dari keaslian produk saat ingin mereka beli.

Jadi, kamu bisa membuat video semenarik mungkin dan sebagus mungkin dalam mempromosikan produk yang ingin kamu posting.

3. Konten Dalam Bentuk Story Instagram

Instagram kini telah tersedia konten dalam bentuk stories yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk anda melalui fitur tersebut.

Story Instagram ini bisa kamu buat dengan durasi waktu 1 detik hingga 15 detik dan akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam. Menariknya lagi kamu bisa membuat stories tanpa batasan posting setiap harinya.

4. Konten Dalam Bnetuk Reels

Fitur terbaru yang ada di Instagram adalah fitur reels. Bagi pengguna TikTok mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini karena cara kerja dari fitur reels ini tidak jauh berbeda dengan konten yang ada di TikTok.

Selain memperhatikan jenis konten yang akan digunakan, anda juga perlu mengerti cara yang tepat ketika membuat konten Instagram agar semakin menarik. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini lebih lanjut.

8 Cara Membuat Konten Yang Menarik Di Instagram Paling Ampuh 2023

Tidak perlu berlama – lama lagi saya akan menjelaskan secara detail tips agar konten Instagram yang kamu buat bisa lebih menarik.

1. Memilih Jenis Konten

Memilih jenis konten untuk postingan Instagram itu sangat penting. Seseorang akan lebih senang jika melihat akun Instagram yang membahasa 1 topik secara detail.

Hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kinerja bisnis yang kamu jalankan di IG. Maka dari itu pastikan bahwa jenis konten yang kamu pilih dapat menarik perhatian banyak orang.

Kamu juga bisa memilih salah satu atau semua jenis konten yang sudah kami sampaikan di atas baik itu berupa foto, video, stories, maupun reels.

Kami sarankan untuk menggunakan satu jenis konten saja (misalkan foto ya foto semua, jangan dicampur-campur).

2. Menggunakan Caption Yang Unik

Jangan lupa untuk memberikan caption unik di setiap postinganmu. Kamu bisa menggunakan kata – kata yang menarik dan menggunakan emoji yang dapat membuat postingan anda menjadi lebih berwarna dan menarik minat orang yang membacanya.

3. Gunakan Hastag Trending

Dalam memposting sebuah produk, jangan lupa untuk menggunakan hastag. karena  hastag atau tagar merupakan faktor penting yang dapat membuat produkmu menjadi lebih terkenal.

Selain itu, hastag juga akan memudahkan orang–orang dalam menjangkau sebuah produk.

Namun kamu juga harus memperhatikan penggunakan hastag, pastikan bahwa kamu menggunakan hastag sesuai dengan produk yang kamu jual.

Dengan begitu, produkmu akan muncul jika orang melakukan pencarian menggunakan hastag atau tagar.

4. Memberikan Informasi Detail di Postingan

Deskripsi produk merupakan hal yang sangat penting apalagi dalam bisnis yang kamu jalanakan secara online. Calon pembeli pastinya akan membaca deskripsi produk yang ada di postinganmu. Oleh karena itu jangan sampai lupa dalam memberikan deskripsi dan informasi produk dengan lengkap dan juga benar.

5. Letakkan Informasi Penting Produk Diawal Caption

Sering kali orang memperhatikan caption awal saat melihat sebuah postingan. Jadi pastikan bahwa anda meletakkan informasi penting tentang produk yang anda jual diawal caption supaya tidak tetindih dengan capiton lainnya.

6. Cantumkan Testimoni

Kepercayaan juga menjadi suatu hal yang di pertimbangkan oleh calon pembeli. Maka dari itu anda perlu mencantumkan hasil testimoni dari pembeli yang sebelumnya atau juga bisa meminta bantuan dari teman anda. Testimoni tadi bisa anda jadikan sebagai sorotan jadi calon pembeli akan lebih mudah melihatnya.

7. Jadwal Schedule

Cara selanjutnya adalah dengan membuat jadwal schedule untuk memposting. Jadi anda bisa memposting produk, testimony, dan yang lainnya dengan hari yang berbeda – beda. Jadi tampilan Instagram anda akan jadi lebih menarik.

8. Perhatikan Jumlah Kata Pada Caption

Jangan gunakan caption terlalu banyak, gunakan seperlunya saja yang penting menarik dan dapat membuat calon pembeli yakin untuk membeli produk yang anda jual.

Kesimpulan

Nah itu dia cara membuat konten yang menarik di Instagram. Sangat mudah bukan? Setelah membaca cara dan informasi penting lainnya yang telah kami sampaikan, sekarang anda sudah tida perlu merasa bingung lagi ketika ingin membuat sebuah konten. Sekian dan semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *